Definisi Psikologi Konsumen
Psikologi
konsumen adalah Sebuah ilmu tentang motivasi dan perilaku psikologis seseorang
dalam usaha mereduksi suatu barang atau jasa melalui kegiatan konsumsi/
pembelian.
Pada
psikologi konsumen tercakup penelitian tentang konsumen sebagai pembeli dan
konsumen sebagai konsumen, konsumen sebagai warga negara, serta sebagai sumber
data dari pengetahuan perilaku dasar.
Psikologi konsumen adalah the
study of consumer behavior in a relation environment, dimana pada psikologi
konsumen membahas tingkah laku individu sebagai konsumen. Psikologi konsumen
merupakan psikologi ekonomi dalam pengertian mikro.
Perilaku konsumen menitikberatkan
pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Perilaku
konsumen berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan,
pembelian, penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa yang bertujuan untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna & Wozniak, 2001).
Perilaku Konsumen dari
Sudut Pandang Psikologi
Perilaku
Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar,
menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskan kebutuhan mereka.Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau
mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk
mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
Sementara
itu, Blackwell, Miniard, & Engel
(2001) menjelaskan bahwa perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat
mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa . Sedangkan The
American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai
interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana
manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen
mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan
saat proses konsumsi (Peter &
Olson, 2005). Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang
berhubungan dengan konsumsi dari individu
Kaitan dengan Pengambilan Keputusan
Definisi konsumen: # WIRA SUTEJA Konsumen adalah orang paling penting yang datang
ke kantor kita, maupun lewat surat Konsumen adalah orang yang memberitahukan
kepada kita tentang keinginannya, dan adalah tugas kita untuk menangani
kehendaknya dengan jalan menguntungkan kedua belah pihak Konsumen adalah orang
yang menciptakan pandangan tentang perusahaan kita, tentang baik atau buruk
pelayanan kita Konsumen adalah penyampai berita terbaik apabila mereka puas
dengan apa yang kita berikan # UNDANG -
UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (UUPK) Konsumen adalah setiap orang yang memakai
barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri
sendiri, keluarga, orang lain, maupun mahluk hidup lain dan tidak untuk
diperdagangkan # PASAL 1 ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999 Konsumen
Referensi:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/psikologi-konsumen-39/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar